Kamis, 05 Mei 2016

Tips Makan Sehat 2: Jangan Berlebihan

Image result for jangan makan berlebihan

Makanlah untuk menutrisi tubuh, bukan untuk membuat perut penuh.

Kunci hidup sehat sejati adalah jangan berlebihan. Maksudnya, makanlah makanan sebanyak yang tubuh Anda butuhkan. Jangan makan banyak makanan hanya karena Anda ingin makan banyak atau karena makanan tersebut terhidang banyak dihadapan Anda. Setelah makan, Anda harusnya merasa puas dan senang, bukan kekenyangan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan Keseimbangan nutrisi dari setiap makanan yang Anda konsumsi. Tubuh kita sangat membutuhkan protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral setiap harinya agar tetap sehat.

Jangan makan berlebihan bukan berarti tidak boleh memakan makanan yang Anda sukai sama sekali. Mengkonsumsi daging satu minggu sekali untuk sarapan, contohnya, sangat mungkin dilakukan. Apalagi jika Anda kemudian memilih menu makan yang sehat untuk makan siang dan makan malam. Asalkan Anda jangan memilih satu box donat atau piza untuk menu makan Anda hari itu. Jika Anda mengkonsumsi 100 kalori coklat pada siang hari, pasti kan Anda mengurangi konsumsi kalori pada makan malam sebanyak itu juga. Jika Anda masih merasa lapar, makanlah lebih banyak sayuran.

  • Jangan langsung menghentikan konsumsi makanan tertentu. Ketika Anda memutuskan untuk tidak lagi memakan makanan tertentu, kadang akan timbul kecenderungan untuk mengkonsumsinya lagi dan lagi. Anda juga akan merasa gagal ketika Anda menyerah dan memakan makanan tidak sehat tersebut. Mulailah mengurangi porsi dan frekuensi mengkonsumsi makanan itu. Semakin jarang mengkonsumsi makanan tersebut, semakin mudah bagi Anda untuk tidak tergoda mengkonsumsinya.
  • Perhatikan porsi Anda. Porsi makanan yang disajikan di restauran saat ini sudah banyak ditambah. Jangan ragu untuk membagi dua makanan Anda dengan teman. Sebaiknya Anda juga jangan memesan makanan apapun dengan porsi yang besar. Di rumah, Anda dapat dapat menentukan “ukuran” makanan yang akan dimakan dengan cetakan atau alat bantu khusus. Sehingga makanan yang disantap sudah terukur sesuai porsinya, tidak berlebihan. Jika Anda belum merasa puas, tambahkan  beberapa sayuran atau buah-buahan.
  • Beri jeda. Berhentilah makan sebelum Anda merasa kenyang. Sebenarnya otak kita butuh beberapa saat sebelum dapat memberi perintah pada tubuh bahwa sudah cukup makanan yang Anda konsumsi. Jadi, makanlah dengan perlahan.
  • Makan bersama teman. Selain meningkatkan hubungan emosional, makan bersama orang lain dapat memberi kemudahan Anda mengontrol nafsu makan dari pada makan di depan TV atau komputer yang akan menyebabkan kita makan berlebih. Selain itu, dengan makan bersama, Anda juga dapat menunjukkan kebiasaan makan sehat bagi Anda dan keluarga.



Perhatikan waktu makan!

Sarapanlah! Kemudian makan lebih sedikit makanan sepanjang hari. Sarapan sehat dapat melancarkan metabolisme tubuh. Sementara memilih makan siang dengan makanan sehat dalam jumlah yang lebih  sedikit daripada makanan berat akan menjaga energi Anda.
Hindari makan setelah makan malam. Cobalah memberi jeda “puasa” antara makan malam Anda hari ini dengan sarapan Anda besok pagi antara 14 – 16 jam. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan hanya saat kita beraktivitas dan memberi waktu istirahat cukup bagi system pencernaan kita akan membantu Anda mengatur berat badan.

Untuk hidup sehat, hal yang harus Anda perhatikan paling utama adalah asupan nutrisi yang cukup, tidak berlebihan bagi tubuh. Selain itu, pola makan yang teratur dan menu yang sehat juga akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Selanjutnya baca Tips Makan Sehat 3: Kurangi gula.

Tags : Manfaat puasa, Makan malam, Waktu makan, Nutrisi seimbang, Pola makan sehat 

0 komentar:

Posting Komentar