Kamis, 05 Mei 2016

Cara Tepat Makan Sehat



Image result for cara tepat makan sehat
Merencanakan diet yang tepat dan bagaimana melakukannya secara konsisten

Makan sehat biasanya diidentikkan dengan mengurangi makanan yang disukai agar tubuh kita selalu terlihat kurus tanpa lemak. Padahal, tujuan dari mengkonsumsi makanan sehat sejatinya adalah untuk memperbaiki penampilan, membuat diri merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi, serta menstabilkan mood kita. 

Banyak yang merasa bingung nutrisi apa yang sebaiknya kita konsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Sebagian orang menganggap karbohidrat itu penting untuk dikonsumsi, tapi sebagian lainnya lagi beranggapan karbohidrat hanya akan membuat Anda lebih gemuk. Akan tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, cantiksehatpedia akan memaparkan tips-tips sederhana agar Anda tidak lagi bingung dengan cara diet seperti apa yang harus Anda pilih. 

Apa efek pola makan sehat bagi kesehatan mental dan emosi?

Semua orang tahu mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu mempertahankan berat badan serta menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Tapi tidak banyak yang tahu, kalau ternyata diet juga memberi manfaat lain, mood yang bagus dan sense of wellbeing. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan seperti daging yang dimasak, makanan kemasan, makanan cepat saji, dan cemilan yang mengandung terlalu banyak gula akan meningkatkan depresi, stress, kelainan bipolar, dan kecemasan.

Memakan makanan yang tidak sehat juga berperan dalam perkembangan mental seseorang. Jika terlalu banyak mengkonsumsinya, ada kemungkinan orang tersebut akan menderita kelainan mental sepert ADHD, penyakit Alzheimer, schizophrenia, atau bahkan meningkatkan resiko bunuh diri pada anak remaja.

Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, memasak sendiri makanan yang akan dimakan, dan mengurangi zat pemanis yang masuk ke dalam tubuh akan memperbaiki perasaan hati serta mengurangi resiko terkena penyakit mental. Jika Anda didiagnosa terkena penyakit mental, menerapkan pola makan sehat dapat membantu Anda mengatur gejalanya dan mendapatkan kembali kendali atas hidup Anda.

Hal yang tak kalah penting dari makanan yang bermanfaat bagi perasaan adalah pola makan sehat. Artinya, mengganti semua makanan yang dikonsumsi dengan makanan sehat tidak akan memberikan efek yang maksimal jika Anda tidak mengatur dengan benar porsi serta waktu makan Anda. Tidak masalah jika Anda belum bisa menghindari sama sekali junk food yang Anda sukai. Yang terpenting Anda harus berusaha menguranginya dengan memperbaiki cara berpikir Anda. Lambat laun, Anda pasti akan terbiasa meninggalkan makanan yang tidak sehat tersebut.

Cantiksehatpedia akan menjelaskan lebih lanjut mengenai tips makan sehat dikesempatan berikutnya. Untuk selanjutnya, silakan melanjutkan membaca Tips Makan Sehat 1: Rubah Pola Makan Anda. Simak terus artikel terbaru mengenai pola makan sehat kami!

Tags : Manfaat diet, Mengatur pola makan, Penyakit mental, Makanan sehat, Tips hidup sehat

0 komentar:

Posting Komentar