Senin, 02 Mei 2016

Diet Sehat dengan Karbohidrat


Gambar dari google.com

Karbohidrat merupakan sumber utama energi manusia. Beberapa orang berpikir bahwa dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti dan kentang akan membuat diet berhasil. Faktanya, jumlah kalori yang terkandung dalam bahan-bahan makanan tersebut jauh lebih sedikit dibanding jumlah kalori yang terkandung dalam bahan makanan lain seperti daging.

Berikut ini akan dipaparkan kandungan nutrisi yang terkandung dari sumber karbohidrat; kentang, roti, oaahan biji-bijian, serta beras dan padi-padian.

Kentang

Umbi satu ini merupakan sumber energy, serat, vitamin B dan potassium yang baik. Meski hanya memiliki sekitar 11 – 16 mg vitamin C per 100 gramnya, kentang bias jadi alternative sumber vitamin C yang bagus dan murah.
Kentang yang direbus, dipanggang maupun ditumbuk dengan hanya sedikit tambahan minyak dan tanpa garam dapat menjadi alternatif makanan diet yang bagus. Meskipun demikian, kentang dan keripik kentang yang digoreng ataupun diberi tambahan garam bukan lagi makanan sehat.
Menambahkan olive oil atau sunflower oil saat memasak atau menyajikan kentang akan menurunkan kadar lemak dalam kentang dari pada mentega. Gunakan susu rendah lemak untuk menumbuk kentang.
Jika Anda menginginkan lebih banyak serat dan vitamin, jangan kupas kulit kentang ketika Anda merebus ataupun memanggangnya.
Saat kentang direbus, beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya akan ikut terlarut dalam air terutama ketika kulit kentang tersebut dikupas. Oleh karena itu, saat merebus kentang gunakan air secukupnya dan jangan direbus terlalu lama.
Kentang akan mudah tumbuh ditempat yang lembab. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang kering. Jangan makan kentang yang sudah kehijauan ataupun tumbuh.

Roti

Roti – khususnya yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet yang seimbang. Selain sebagai sumber energy, Roti gandum juga mengandung Vitamin B, Vitamin E, serat serta berbagai macam mineral lainnya.
Beberapa orang menganggap bahwa mengkonsumsi roti malah akan membuat gemuk. Padahal, dengan menghindari bahan makanan tertentu secara terus menurus malah akan menyebabkan tubuh kita kekurangan nutrisi untuk tetap sehat.
Simpanlah Roti pada suhu ruangan. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

Olahan Biji-bijian

Sereal terbuat dari gandum. Mengkonsumsi sereal yang terbuat dari gandum utuh akan memberi kita pasokan zat besi, serat, vitamin B dan protein. Terigu, oats, barley, gandum hitam, tepung tapioka dan nasi merupakan olahan biji-bijian yang sangat bagus buat kesehatan. Jenis olahan ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan menu makanan sehat untuk sarapan.
Teliti sebelum membeli. Kebanyakan produk olahan biji-bijian ditambah dengan gula dan garam yang berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meneliti kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan produk terlebih dahulu.

Beras dan Padi-padian

Beras dan berbagai jenis padi-padian lainnya seperti beras merah dan beras ketan merupakan sumber karbohidrat, serat, protein serta vitamin B yang baik. Selain sebagai sumber energi, bahan makanan ini juga rendah lemak serta tidak akan menguras kantong.
Sebaiknya segera sajikan nasi setelah dimasak. Meninggalkan nasi pada suhu ruangan dapat menyebabkan bakteri tumbuh yang mungkin menyebabkan diare. Anda dapat mengatasi kemungkinan ini dengan memanaskan kembali nasi yang tidak habis. Bagaimanapun juga, Sebaiknya jangan memanaskan nasi lebih dari satu kali.

Pada dasarnya tubuh manusia sangat membutuhkan karbohidrat untuk kemudian diolah menjadi energi. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat setiap hari agar tubuh kita tetap sehat.


0 komentar:

Posting Komentar